oleh

Didemo Ratusan Karyawan, Aktivitas PT. PUL Lumpuh Total Selama Tiga Hari

LUTIM – CELEBESTIMES.com – Aktivitas PT. Prima Utama Lestari (PUL) salah satu perusahaan yang bergerak pada tambang nikel lumpuh total selama tiga usai didemo oleh karyawan dan warga Desa Ussu, Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur. Jumat (06/12/2019).

Aksi berlangsung sejak Rabu 4 Desember 2019, dimana pemicunya diduga terkait beberapa kebijakan, janji perusahaan kepada karyawan lokal serta masyarakat setempat.

Kebijakan juga janji itu disinyalir tidak dipenuhi, serta diduga tidak sesui dengan komitmen awal antara pihak perusahaan dan karyawan.

Kepada celebestimes.com Abd. Rahim, karyawan PT. PUL mengatakan, aksi tersebut digelar dikarenakan tidak setuju dengan kebijakan pimpinan perusahaan PT. PUL, yang bekerja sama dengan PT. Tri Makmur Jaya (TMJ) terkait dengan pengalihan tenaga kerja sehingga karyawan akan dialihkan/dipindah statuskan melalui PT. TMJ.

“Sampai saat ini kami masih melakukan aksi demonstrasi menuntut hak di areal, hal ini dilakukan lantaran pihak PT. PUL dengan karyawan Lokal dan Masyarakat belum ada kesepakatan, sehingga perusahaan belum bisa beraktivitas kembali,” ungkap Rahim, saat orasi. Jumat (06/12/2019).

Selain itu, sejumlah sopir pun ikut protes, pasalnya, sudah dua tahun lebih tidak pernah ada kontrak kerja.

“Bayangkan saja, kami 2 tahun lebih tidak pernah tanda tangan kontrak kerja, sudah mau masuk tiga tahun. Bagimana kalau anda yang mengalaminya, atau keluaga bapak mendapatkan perlakukan yang sama dari tempat kerjanya,” tutur Rahim.

Dalam demonstrasi, karyawan menyampaikan beberapa tuntutan, diantaranya, para karyawan selama ini belum terikat kontrak kerja segera dibuatkan kontrak kerja, dan menolak dialihkan ke PT. TMJ. Namun PT. PUL seperti biasanya, karyawan kembali dijajikan selama seminggu baru dibuatkan kontrak.

Hingga berita ini diturunkan, pihak perusahaan PT. PULĀ  belum dapat dimintai tanggapannya terkait aksi Warga dan karyawan lokal tersebut.

(Albadru)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed