oleh

Gerak Cepat Kodim 1403 Bersihkan Situs Bersejarah Mendapat Apresiasi Masyarakat

PALOPO.CELEBESTIMES.com – Gerak cepat Kodim 1403/Sawerigading menyikapi penemuan situs bersejarah peninggalan zaman perang dunia II di Poros Palopo-Toraja mendapat apresiasi masyarakat.

Usai melakukan survei, Dandim 1403/Sawerigading Letkol Inf Gunawan SIp memimpin langsung personil Koramil Palopo melakukan pembersihan di lokasi bekas bangunan pertahanan militer tentara Jepang, Minggu (8/12/2019).

“Saya sangat berterima kasih, kepada semua anggota Kodim yang turun lapangan membersihkan situs bersejarah tersebut,” kata Yuhanis, orang yang pertama kali menggunggah keberadaan situs bersejarah tersebut di media sosial Official Info Kota Palopo.

Ada tiga bungker yang sempat dibersihkan hari itu. Bungker pengintaian, perusak konsentrasi musuh dan bungker penghancur.

Didampingi Danramil Palopo Kapten Inf Alex Makale, Dandim Gunawan bahkan merayap memasuki bungker tersebut melalui lubang kecil tempat mengintai. Pasalnya, pintu utama bungker itu telah tertutup oleh material longsor.

Dari sejumlah bungker yang dimasuki, Dandim 1403 ini kaget melihat kondisi bangunan yang mirip dengan cor bangunan baru. Letkol Gunawan tak melihat ada lumut di dinding tersebut.

Bahkan suasana lembab Layaknya bangunan lama pun tak terasa. Padahal di bagian luar, rumput liar bebas tumbuh.

“Campuran bangunan ini mirip candi, saya tak melihat ada lumut, dindingnya pun tidak lembab layaknya bangunan lama,” ujar Letkol Gunawan.

Hanya saja, ada bagian bangunan yang kondisinya seperti dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab. Diduga oknum itu mencari benda-benda peninggalan sejarah.

Bungker yang sempat dimasuki, bentuk bangunannya hampir sama di bagian dalam, yakni berbentuk huruf V, dimana dua lubang kecil diduga sebagai tempat mengintai atau menembak dan satu pintu utama untuk masuk dan keluar pasukan.

Tinggi bangunan diperkirakan sekitar 2 meter dengan kapasitas bangunan bisa sampai 10 orang untuk bungker perusak konsentrasi musuh. Sayangnya, pintu utama tersebut sudah terutup oleh material longsor.

“Dari empat keberadaan bungker berdasarkan informasi dari masyarakat, baru tiga bungker yang sempat kami bersihkan hari ini,” kata Dandim 1403/Swg Letkol Inf Gunawan SIp ketika dikonfirmasi.

Ia mengatakan, bungker tersebut merupakan peninggalan Jepang yang diperkirakan dibangun sekitar tahun 1942.

“Mendengar berita yang ada, kita langsung respon dengan membersihkan dulu, apalagi ini dalam rangka hari Juang TNI AD, alangkah baiknya kita membersihkan di sektor-sektor yang memang merupakan sejarah dari bangsa Indonesia,” ujar perwira dua melati di pundak ini.(tiara)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed