oleh

Jasa Raharja Bayarkan Santunan Lakalantas Hampir Rp20 M

PALOPO.CELEBESTIMES.com – Siapa yang menyangka, dalam kurun waktu 11 bulan, PT Jasa Raharja Perwakilan Palopo sudah membayar santunan terhadap korban kecelakaan lalulintas (lakalantas) hampir Rp20 milyar.

Tak ayal, biaya klaim lakalantas tersebut merupakan tertinggi kedua di Sulawesi Selatan setelah Makassar.

Kendati demikian, pihak Jasa Raharja Perwakilan Palopo menyebutkan jika angka tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan pembayaran santunan pada Januari-Nopember tahun 2018 lalu, yakni sebesar Rp22.919.193.828.

“Untuk pembayaran santunan laka, baik kepada ahli waris maupun korban lakalantas sejak Januari hingga November 2019 ini sebesar RpRp19.726.280.784,” kata Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Palopo, Roy Januar saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (3/12/2019).

Roy mengatakan, tingginya pembayaran santunan, lantaran pihaknya juga membayarkan santunan kepada ahli waris lakalantas meski TKP lakalantasnya terjadi di luar wilayah kerjanya, seperti TKP di
Watampone, Mamuju, Parepare dan wilayah lainnya di Sulsel.

Untuk diketahui Jasa Raharja Perwakilan Palopo meliputi daerah Luwu Raya dan Tana Toraja.

“Meski TKP lakalantasnya di luar Luwu Raya, namun tetap kami bayarkan jika ahli warisnya berada di wilayah kerja kami,” terang Roy.

Ia juga menyebutkan, terhitung Januari-Nopember 2019 tercatat ada 190 orang yang meninggal sedangkan korban luka luka akibat lakalantas sebanyak 1.019 orang.

Di tahun 2018 lalu, korban lakalantas yang meninggal dunia sejak Januari hingga November sebanyak 216 orang.

“Jumlah santunan untuk ahli waris korban laka yang meninggal senilai Rp9.900.000.000 sedangkan santunan untuk korban luka-luka senilai Rp9.059.268.829,” sebutnya.

“Ditambah dengan biaya santunan penggantian biaya perawatan korban laka di rumah sakit, serta biaya santunan cacat tetap dan biaya penguburan,” ujar Roy.

Ia berharap, angka kecelakaan lalulintas tersebut bisa ditekan dengan tidak melanggar peraturan lalulintas bagi pengendara.(san)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed