oleh

Kebakaran di Desa Harapan Luwu, Api Hanya Sisakan Dua Batang Pohon Cengkeh

LUWU.CELEBESTIMES.com – Sijago merah kembali beraksi melalap lahan perkebunan milik warga di Desa Bukit Harapan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel). Minggu (17/11/2019) sore.

Lahan perkebunan milik warga setempat, yang luasnya diperkirakan 3,5 hektar itu, ditumbuhi tanaman jangka panjang, seperti Cengkeh, pepohonan, dan disekitarnya dipenuhi semak belukar dilalap sijago merah.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Bua, IPTU Hasdin menuturkan, 3,5 hektar lahan yang terbakar, terdapat 1,5 hektar tanaman jangka panjang, yakni pohon cengkeh.

“Ada satu lahan yang luasnya sekira 1,5 hektar berisi tanaman Cengkeh habis terbakar, kobaran api hanya menyisakan 2 batang pohon Cengkeh, itupun sudah layu akibat panasnya api,” kata IPTU Hasdin saat ditemui di lokasi kejadian. Minggu (17/11/19).

Menurut Hasdin, penyebab kebakaran tersebut, diduga bersumber dari api puntung rokok yang dibuang oleh warga yang melintas di area perkebunan itu.

“Diduga berasal dari api puntung rokok, kemungkinan ada yang sementara bekerja, kemudian lupa mematikan api rokoknya,” tutur IPTU Hasdin

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu, TNI, Polri, bersama masyarakat, berjibaku memadamkan api dengan alat seadanya, namun tiupan angin, ditambah rumput ilalang yang mulai mengering, akibatkan kobaran api sangat cepat menyebar.

Komandan Regu (Danru) Dinas Damkar Luwu, Akmal Idris mengatakan, pihaknya sempat mengalami kesulitan memadamkan api, lantaran sumber air cukup jauh dari lokasi kebakaran, ditambah dengan akses yang tidak memadai karena berada di atas pegunungan.

“Kami hanya menggunakan alat seadanya untuk memadamkan api, karena sumber air cukup jauh. Selain itu, kami membuat sekat, agar kobaran api tidak merembet ke kebun warga lainnya,” ucapnya.

Tak hanya itu, warga setempat, Wansyah menuturkan, jika peristiwa kebakaran, sejak pukul 13.00 Wita, saat sejumlah warga sedang bergotong royong membangun rumah warga setempat.

“Kami tidak mengetahui pasti apa penyebab sampai terjadi kebakaran ini. Api terlihat dari kejauhan saat warga sedang bergotong royong membangun rumah warga, beruntung ada petugas yang membantu kami memadamkan api,” tutur Wansyah.

(am/awi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed