oleh

Mortir Berkarat Diledakkan Di Murante, Sanodding: Diduga Peninggalan Zaman Kolonial

PALOPO.CELEBESTIMES.com – Mortir berkarat diduga peninggalan kolonial Belanda diledakkan oleh Tim Jibom Gegana Brimob Polda Sulsel Makassar,di Km 5 Kelurahan Murante Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo, Jumat (6/12/2019) siang.

Selain mortir, polisi juga meledakkan dua buah granat yang sebelumnya ditemukan di rumah warga di Pajalesang. Alhasil suara ledakkan yang ditimbulkan cukup dahsyat, bahkan polisi yang berada sekitar 50 meter dari titik peledakan seakan terpental.

Kabag Ops Polres Palopo, Kompol Sanodding saat dikonfirmasi mengatakan, mortir yang diledakkan tersebut baru saja di gali. Posisinya di bawah bebatuan tak jauh dari rumah penduduk di Km 9 Kelurahan Latuppa, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo.

“Rabu lalu, ada warga yang datang melaporkan keberadan mortir tersebut,” kata Kompol Sanodding.

Sekitar, tahun 2010 benda berbentuk seperti jantung pisang dengan kondisi berkarat (diduga mortir) ditemukan di tengah hutan, tepatnya di daerah Bunian Latuppa Kota Palopo oleh seseorang bernama Thomas.

Benda tersebut kemudian diserahkan kepada Amur untuk disimpan. Karena merasa khawatir, Amur menyerahkan benda itu kepada temannya yang bernama Anton (55) warga Latuppa.

Mortir berkarat itu lalu ditanam dibawah bebatuan yang terletak tidak jauh dari pemukiman masyarakat.

Setelah dilaporkan, Polres Palopo melakukan koordinasi dengan Tim Gegana Brimob Polda Sulsel.

Akhirnya, setelah beberapa lama dilakukan penggalian, mortir tersebut ditemukan di kedalaman sekitar 40 cm dari permukaan tanah dan langsung dijinakkan.

“Setelah ditemukan, kita mencari tempat untuk meledakkan mortir itu, sekaligus meledakkan dua granat yang sebelumnya pernah ditemukan di Pajalesang,” jelas Kompol Sanodding.

Tambang galian C di Km 5 Kelurahan Murante, Kecamatan Mungkajang pun dipilih sebagai lokasi peledakan. Sekitar pukul 11.35 wita mortir berhasil diledakkan.

“Ini tak ada sangkut pautnya dengan teroris, saya menduga mortir ini peninggalan Belanda,” tandas Sanodding.(san)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed