oleh

Bunker Peninggalan Tentara Jepang Di Poros Palopo-Toraja Jadi Situs Terlupakan

PALOPO.CELEBESTIMES.com – Keberadaan bunker peninggalan tentara Jepang selama perang dunia ke II kembali ramai diperbincangkan publik.

Itu setelah lima video yang memperlihatkan lokasi dan kondisi bunker diunggah oleh pemilik akun bernama Yohanis Yuniver
dan di share ke Official Info Kota Palopo pada Rabu (4/12/2019) sekitar pukul 12.30 Wita.

BACA JUGA :

Dalam unggahannya, Yohanis menuliskan keterangan ‘Bunker sisa peninggalan tentara Jepang selama Perang Dunia II. Lokasinya di sepanjang jalur Toraja Palopo. Dari beberapa bunker, aku hanya sempat membersihkan satu bunker saja. Bunker-benker ini tidak terawat, ditumbuhi rumput liar. Perlu perhatian khusus untuk melestarikan sejarah wisata. Misalnya pemasangan papan tanda di lokasi objek’.

Sepuluh jam setelahnya, unggahan tersebut mendapat 211 respon dan 81 komentar serta 61 kali dibagikan.

Ternyata, keberadaan bunker tersebut oleh sebagian masyarakat kota Palopo masih ada yang belum mengetahuinya. Ada yang baru tahu setelah melihat unggahan itu.

“Wah baru tahu kalau ada bunker di poros Palopo-Toraja,” tulis pemilik akun Randy Pratama.

Lokasi situs bersejarah tersebut, menurut Yohanis yang dikonfirmasi via messenger berada di kawasan puncak, Battang Barat Kota Palopo, tepatnya disekitar kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Nanggal III.

“Pokoknya setelah melewati pos jaga Kaleakan, lewati jembatan baru nanti ada jembatan kuno buatan Jepang yang pas ditikungan ada rumah penduduk,” terangnya.

Ia mengatakan, yang sempat dilihatnya ada dua, namun Ia yakin, bunker-bunker tersebut lebih dari dua temlat. Hanya saja tak terlihat karena ditutupi rumput liar.

Untuk mencapai bunker-bunker ini tak begitu sulit, pasalnya situs ‘terlupakan’ tersebut berada di bukit-bukit di pinggir jalan poros Palopo-Toraja.

Hanya saja, karena perhatian kita masih sangat minim terhadap pariwisata dan utamanya sejarah, maka bunker-bunker tersebut akhirnya ditumbuhi oleh rumput-rumput liar.

Sekitar 5 bunker dapat kita temui jika melintas di poros Palopo-Toraja.(san)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *