oleh

Gelar Pelatihan Jurnalistik, GMKI Palopo Diapresiasi PWI Luwu Raya Toraja

PALOPO –  Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Palopo, gelar pelatihan jurnalistik dengan menghadirkan tiga pemateri dari kalangan jurnalis, dan organisasi wartawan. Senin, 10 Februari 2020.

Tiga pemateri tersebut yakni, Wiliam Marthom Pemimpin Redaksi Media Tabloid SAR, Irwandi Djumadin Pemimpin Redaksi Media Online (Siber) Palopo Today dan Dedy Ariyanto, Sekretaris PWI Luwu Raya Toraja.

BACA JUGA :

Pelatihan Jurnalistik ini, berlangsung selama dua hari, yang dimulai sejak 10 hingga 11 Februari 2020, di sekretariat GMKI, Jl. Veteran, Kelurahan Pattene, Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hadir langsung dalam kegiatan itu, Ketua GMKI, Parinding mengatakan, pentingnya memahami tugas seorang wartawan, Etika Jurnalistik, dan tehnik penulisan berita, agar tidak gagal paham saat membaca informasi, yang disajikan oleh berbagai media online (siber) maupun cetak.

Bukan hanya itu, lanjut Parinding, dengan adanya kegiatan pelatihan dasar Jurnalistik,  kader GMKI Cabang Palopo mampu memahami etika, dalam mencari, mengolah dan menerbitan berita.

“Etika dan Undang-undang Pers sangat wajib untuk dipahami, sebab menjadi dasar dan acuan dalam menerbitkan karya jurnalistik, dalam bentuk berita, agar kita tidak gagal paham dalam memaknainya,” tambahnya.

Sementara itu, pemateri Etika  Jurnalistik Dedy Ariyanto yang akrab disapa Awi Celebes, yang juga merupakan Sekretaris PWI Luwu Raya Toraja, apresiasi kegiatan yang digelar oleh GMKI Cabang Palopo.

“Yang terpenting  adalah, bagaimana seorang wartawan dapat menyajikan berita sesuai dengan fakta yang diperolehnya, dengan berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik dan Undang-undang Pers itu sendiri, agar terhindar dari berbagai delik, ” tutur Awi Celebes yang juga pemegang sertifikat UKW Dewan Pers 2018.

“ Saat akan wawancara, terlebih dahulu memperkenalkan diri, nama media, nama kita sendiri, dengan memperlihatkan tanda pengenal kepada narasumber, dan yang paling penting lagi menghargai dan menghormati pendapat narasumber, serta memperhatikan kata Off The Record,” tambahnya

Selain pemateri turut hadir pula, Muh Ishari Pemimpin Redaksi Media Kata Satu, Naswandi Anggota Bidang Organisasi PWI Luwu Raya Toraja, dan Yasri Yusuf Ketua Tim Liputan Khusus (Lipsus) Hukum dan Kriminal (Hukrim) media online Celebestimes.com.

Lap/Editor : Ari

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *