oleh

Kodim 1403 Survei Lokasi Bungker Peninggalan Jepang Di Poros Palopo-Toraja

PALOPO.CELEBESTIMES.com – Keberadaan bungker peninggalan tentara Jepang pada masa perang dunia ke II akhirnya direspon oleh Kodim 1403/Sawerigading.

Kamis (5/12/2019) sekitar pukul 20.00 Wita, Danramil Palopo Kapten Inf Alex bersama babinsa menyusuri poros Palopo-Toraja hanya untuk menindaklanjuti informasi keberadaan situs bersejarah itu.

BACA JUGA :

Dandim 1403/Swg Letkol Inf Gunawan SIp yang dikonfirmasi mengatakan, langkah yang diambil saat ini adalah melakukan survei ke bangunan bekas pertahanan militer Jepang tersebut.

“Baru saya suruh survei dulu,” Kata Letkol Inf Gunawan yang dihubungi via WhatsAppnya, Jumat (6/12/2019).

Malam itu, lanjut Dandim, ada tiga bungker yang ditemukan di sepanjang jalan poros Palopo-Toraja.

Bungker pertama ditemukan di Km 30, menurut Dandim, bungker pertama ini yang sempat diunggah di media sosial Facebook oleh pemilik akun Yohanis Yuniver ke Official Info Kota Palopo pada Rabu (4/12/2019) sekitar pukul 12.30 Wita.

“Ada tiga bungker yang ditemukan oleh anggota, pertama di Km 30, bungker kedua ditemukan di Km 32 dan bungker ketiga ada di Km 35,” ujar Dandim.

Lebih jauh diungkapkannya, bahwa bungker di Km 32 berbentuk hurup Z dengan cor dari besi beton dengan ukuran di dalam bungker 6 meter, demikian juga dengan bungker yang ditemukan di Km 35.

Diberitakan sebelumnya, keberadaan bungker peninggalan tentara Jepang tersebut, kembali diviralkan oleh pemilik akun bernama Yohanis Yuniver dan di share ke Official Info Kota Palopo pada Rabu (4/12/2019) sekitar pukul 12.30 Wita.

Ada lima video yang memperlihatkan letak dan kondisi bunker tersebut. Dalam unggahannya, Yohanis menuliskan keterangan ‘Bunker sisa peninggalan tentara Jepang selama Perang Dunia II. Lokasinya di sepanjang jalur Toraja Palopo. Dari beberapa bunker, aku hanya sempat membersihkan satu bunker saja. Bunker-benker ini tidak terawat, ditumbuhi rumput liar.
Perlu perhatian khusus untuk melestarikan sejarah wisata. Misalnya pemasangan papan tanda di lokasi objek‘.(san)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *