oleh

Pemugaran Selesai, Masjid Tua Di Lembang Sumalu Diresmikan Dandim 1414/Tator

TORUT.CELEBESTIMES.com – Setelah proses pemugaran bangunan yang dilakukan oleh TNI bersama masyarakat selesai, masjid tua yang berada di Lembang Rantebua Sumalu Kecamatan Rantebua Kabupaten Toraja Utara akhirnya diresmikan oleh Dandim 1414/Tator, Letkol CZI Zaenal Arifin MHan.

Acara peresmian sekaligus penutupan pembangunan masjid Nurul Hikmah Arrashif, dilaksanakan Rabu (4/12/2019).

BACA JUGA :

Kegiatan tersebut dalam rangka Binter Terpadu Kodim 1414/Tator dirangkaikan dengan maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

Dandim 1414/Tator, Letkol CZI Zaenal Arifin MHan dalam sambutannya menyampaikan terima kasihnya kepada Kepala Lembang dan masyarakat Sumalu yang bersedia membantu sehingga pembangunan masjid dapat terselesaikan.

“Selaku dandim di wilayah Tator dan Torut, saya akan tetap bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat untuk memikirkan bagaimana Tator dan Torut lebih baik kedepan,” kata Letkol Zaenal.

Ucapan terima kasih kepada Dandim 1414 juga disampaikan oleh Sekda Torut Roni Bare, Kalem Rantebua, Camat Sumalu dan tokoh lainnya.

Mereka berterimakasih atas keterlibatan TNI AD, khususnya Dandim 1414  yang turun langsung membantu pembangunan masjid tersebut hingga selesai.

Bahkan, diakui oleh Camat Rantebua Sumalu, Elias Madi Para’pak, jika masjid yang telah dipugar oleh TNI bersama masyarakat menjadi masjid yang termewah diantara sembilan masjid yang ada di Sanggalagi.

“Kita tau bahwa semua ini berkat ide dan bantuan bapak Dandim bersama anggotanya yang sudah bersusah payah bahkan selama 2 bulan bekerja tanpa kenal lelah bersama masyarakat setempat,” kata Elias saat memberikan sambutannya.

Dengan selesainya masjid tersebut, Kalem Rantebua Lunggan Tandirura berharap agar pemerintah kabupaten menindaklanjuti dengan memberikan bantuan pembuatan jalan.

Pasalnya, menurut Tandirura jalan di lokasi tersebut merupakan jalan yang menghubungkan antara Kabupaten Torut dan Kabupaten Luwu dan merupakan salah satu akses perekonomian.

Dalam kesempatan itu, Dandim bersama Sekda menyerahkan sembako secara simbolis kepada masyarakat. Sementara untuk keperluan masjid, dandim menyerahkan karpet.

Seperti diketahui, renovasi masjid tersebut berawal saat HIPMUS Toraja Utara menemukan masjid di daerah Sumalu yang kondisi bangunannya cukup memprihatinkan

Bangunan saat itu baru berupa pondasi, masyarakat setempat tidak dapat melanjutkan pembangunan lantaran terkendala biaya.

Bahkan informasinya, saat itu, masjid yang masih berdinding papan seadanya ini, di dalamnya tidak ditemukan sajadah ataupun perlengkapan lainnya layaknya masjid pada umumnya.

Padahal, disaat bulan suci Ramadan, masjid ini dipenuhi oleh jamaah.

Beruntung, temuan dari HIPMUS ini mendapat respon dari Dandim 1414/Tator.

Dipimpin oleh Dandim, personil Kodim 1414/Tator bersama kepolisian Tana Toraja, HIPMUS Toraja Utara dan masyarakat setempat bergotong royong, hingga akhirnya pembangunan masjid dapat terselesaikan, masyarakat pun menyambut bahagia.(san)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *