oleh

Pergoki ABG Ngisap Lem di Pos Ronda, Babinsa Palopo Berikan Warning

PALOPO.CELEBESTIMES.com – Bersama Bhabinkamtibmas dan Lurah Luminda, Babinsa Koramil 1403-06 Palopo Serka Leonardus mengamankan 10 orang anak yang mojok di Pos Ronda di Jalan Andi Mappanyukki, Selasa (14/1/2020).

Kumpulan Anak Baru Gede (ABG) ini dipergoki telah mengisap lem merek Aibon di pos tersebut. Bahkan, barang buktinya masih ada disekitar pos.

BACA JUGA :

Anak-anak ini kemudian diberikan warning. Mereka dinasehati agar tidak mengulangi perbuatan tersebut. Sebab, apa yang dilakukan anak-anak ini bisa membahayakan kesehatan dan masa depan mereka.

Menurut Babinsa Serka Leonardus, para remaja ini didata oleh staf kelurahan sebelum dikembalikan ke orangtua masing-masing.

“Para orangtua diingatkan untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap anak-anaknya,” kata Serka Leo.

Danramil 1403-06 Palopo, Kapten Inf Alex Makale mengatakan, Ia tidak ingin kejadian tersebut terulang lagi.

“Saya perintahkan Babinsa untuk terus melakukan patroli dan pengawasan secara ketat di wilayah binaan,” kata Kapten Alex.

Danramil juga berharap partisipasi dari masyarakat untuk memberikan informasi jika menemukan remaja menggunakan lem Fox untuk perbuatan menyimpang.

Seperti diketahui, lem Fox biasanya dipakai untuk merekatkan bahan kayu. Sementara lem Aibon digunakan untuk merekatkan kayu, melamin logam, karpet, plywood.

Karena banyak kegunaanya, lem aibon ini diklaim sebagai lem serbaguna. Namun terkadang lem Aibon ini disalahgunakan para remaja untuk nge-fly seperti kasus yang ditemukan oleh Babinsa di Palopo.

Padahal, menghirup lem dapat berdampak buruk bagi kesehatan.
Menghirup lem dan tiner mengakibatkan masalah pada ginjal,
mempengaruhi sistem saraf dan mengakibatkan perubahan pada cara berpikir.

Sedangkan efek jangka panjang bagi pengguna yang menghirup lem, yaitu kelemahan otot, disorientasi, kurangnya koordinasi, sifat lekas marah, depresi, Kerusakan yang kadang-kadang tidak dapat disembuhkan pada jantung, hati, ginjal, paru-paru dan otak.(tiara)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *